Guru Tuntutan Zaman

 

source : facebook.com/PortalRumahBelajar

    Tantangan zaman adalah tantangan semua pihak dalam segala bidang. Teknologi adalah salah satu aspek dominan yang mempengaruhi alur perkembangan zaman. Perkembangan teknologi tak hanya menawarkan berbagai solusi dan kemudahan dalam aspek kehidupan, tetapi juga membawa tuntutan bagi kita agar selalu menyesuaikan diri dengan perkembangannya.

    Dunia pendidikan turut tak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Tuntutan zaman juga menjadi tuntutan umum bagi para guru sebagai bagian dari pelaksana pendidikan. Guru perlu berinisiatif untuk meningkatkan kemampuan dalam implementasi teknologi kedalam proses pembelajaran. Kompetensi TIK bagi guru bukan lagi sebuah pilihan tapi sebuah keharusan. 

    Faktor lingkungan siswa juga menambah poin dalam tuntutan guru agar berkompeten dalam teknologi. Anak didik masa kini adalah anak yang tumbuh, berkembang, dan berinteraksi langsung dengan teknologi. Lingkungan tersebut juga akan terbawa dalam dunia pendidikan yang mereka jalani. Karena itu, guru sebagai pihak pembimbing dan pendidik dalam pendidikan seharusnya memiliki kompetensi TIK yang baik untuk menunjang pembelajaran bagi anak-anak masa kini yang lingkungan pertumbuhannya tak lepas dari penggunaan teknologi.

    Guru tuntutan zaman adalah guru yang siap bergerak dan menyelaraskan diri dalam perubahan zaman. Teknologi membawa banyak fitur yang memberi kemudahan dalam pergerakan pembelajaran. Portal Rumah Belajar adalah salah satu dari banyak fitur yang seharusnya dimanfaatkan oleh guru masa kini dalam proses belajar mengajar. Jika ruang pembelajaran dibatasai jarak dan waktu, manfaatkan fitur Kelas Maya untuk memfasilitasi pembelajaran virtual. Jika praktikum terkendala oleh sarana dan prasarana, manfaatkan fitur Laboratorium Maya untuk simulasi praktikum virtual. Jika siswa butuh materi yang lebih luas, manfaatkan fitur Sumber Belajar yang menyajikan materi ajar berdasarkan kurikulum. Selain itu, masih banyak fitur Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran.

    Teknologi bukan pandemi penyakit yang harus dihindari dan dihentikan penyebarannya. Teknologi adalah uluran tangan yang layak untuk disyukuri dan dimanfaatkan keberadaannya. Semoga kita senantiasa menjadi bagian dari guru tuntutan zaman dengan kesiapan adaptasi yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Pemanfaatan Kelas Maya (Rumah Belajar) di SMKN 1 Sumarorong

Kristina Banne : "Dikota Jangan Dijadikan Patokan"